Tahqiq
Dalil Sholat tasbih
Ada sebagian orang mengatakan bahwa sholat Tasbih adalah dalilnya dhaif maka tidak boleh diamalkan, tetapi ada sebagian yang mengatakan tidak dhaif sehingga boleh diamalkan. Dibawah nanti saya mencoba menguraikan penjelasan dalil sholat tasbih yg dibicarakan orang ini.
Ada sebagian orang mengatakan bahwa sholat Tasbih adalah dalilnya dhaif maka tidak boleh diamalkan, tetapi ada sebagian yang mengatakan tidak dhaif sehingga boleh diamalkan. Dibawah nanti saya mencoba menguraikan penjelasan dalil sholat tasbih yg dibicarakan orang ini.
Didalam Kitaabus sholah, hal. : 117 , dan didalam Kitaabun Nawafil, hal.: 41 , Ditulis hadist
sbb. Dari sumber yang sama yaitu HR.Abu Daud.
بَاب
صَلَاةِ التَّسْبِيحِ
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بِشْرِ بْنِ الْحَكَمِ
النَّيْسَابُورِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ
عَبْدِ الْعَزِيزِ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ يَا
عَبَّاسُ يَا عَمَّاهُ أَلَا أُعْطِيكَ أَلَا أَمْنَحُكَ أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا
أَفْعَلُ بِكَ عَشْرَ خِصَالٍ إِذَا أَنْتَ فَعَلْتَ ذَلِكَ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ
ذَنْبَكَ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ قَدِيمَهُ وَحَدِيثَهُ خَطَأَهُ وَعَمْدَهُ
صَغِيرَهُ وَكَبِيرَهُ سِرَّهُ وَعَلَانِيَتَهُ عَشْرَ خِصَالٍ أَنْ تُصَلِّيَ
أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً
فَإِذَا فَرَغْتَ مِنْ الْقِرَاءَةِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ وَأَنْتَ قَائِمٌ قُلْتَ
سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ
أَكْبَرُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً ثُمَّ تَرْكَعُ فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ رَاكِعٌ
عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ مِنْ الرُّكُوعِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ
تَهْوِي سَاجِدًا فَتَقُولُهَا وَأَنْتَ سَاجِدٌ عَشْرًا ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ
مِنْ السُّجُودِ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ تَسْجُدُ فَتَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ
تَرْفَعُ رَأْسَكَ فَتَقُولُهَا عَشْرًا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ
رَكْعَةٍ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ
تُصَلِّيَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ مَرَّةً فَافْعَلْ فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي
كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ شَهْرٍ مَرَّةً فَإِنْ
لَمْ تَفْعَلْ فَفِي كُلِّ سَنَةٍ مَرَّةً فَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَفِي عُمُرِكَ
مَرَّةً
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سُفْيَانَ الْأُبُلِّيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ أَبُو
حَبِيبٍ حَدَّثَنَا مَهْدِيُّ
بْنُ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ قَالَ حَدَّثَنِي رَجُلٌ كَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ
يَرَوْنَ أَنَّهُ عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ائْتِنِي غَدًا أَحْبُوكَ وَأُثِيبُكَ وَأُعْطِيكَ حَتَّى ظَنَنْتُ
أَنَّهُ يُعْطِينِي عَطِيَّةً قَالَ إِذَا زَالَ النَّهَارُ فَقُمْ فَصَلِّ
أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَذَكَرَ نَحْوَهُ قَالَ ثُمَّ تَرْفَعُ رَأْسَكَ يَعْنِي مِنْ
السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ فَاسْتَوِ جَالِسًا وَلَا تَقُمْ حَتَّى تُسَبِّحَ
عَشْرًا وَتَحْمَدَ عَشْرًا وَتُكَبِّرَ عَشْرًا وَتُهَلِّلَ عَشْرًا ثُمَّ
تَصْنَعَ ذَلِكَ فِي الْأَرْبَعِ الرَّكَعَاتِ قَالَ فَإِنَّكَ لَوْ كُنْتَ
أَعْظَمَ أَهْلِ الْأَرْضِ ذَنْبًا غُفِرَ لَكَ بِذَلِكَ قُلْتُ فَإِنْ لَمْ
أَسْتَطِعْ أَنْ أُصَلِّيَهَا تِلْكَ السَّاعَةَ قَالَ صَلِّهَا مِنْ اللَّيْلِ
وَالنَّهَارِ
قَالَ أَبُو دَاوُد حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ خَالُ
هِلَالٍ الرَّأْيِ
قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الْمُسْتَمِرُّ بْنُ الرَّيَّانِ
عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
عَمْرٍو مَوْقُوفًا وَرَوَاهُ رَوْحُ بْنُ الْمُسَيَّبِ وَجَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ عَمْرِو بْنِ مَالِكٍ النُّكْرِيِّ عَنْ أَبِي الْجَوْزَاءِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَوْلُهُ
وَقَالَ فِي حَدِيثِ رَوْحٍ فَقَالَ حَدِيثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
مُهَاجِرٍ عَنْ عُرْوَةَ
بْنِ رُوَيْمٍ حَدَّثَنِي الْأَنْصَارِيُّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِجَعْفَرٍ بِهَذَا الْحَدِيثِ فَذَكَرَ
نَحْوَهُمْ قَالَ فِي السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ مِنْ الرَّكْعَةِ الْأُولَى كَمَا
قَالَ فِي حَدِيثِ مَهْدِيِّ بْنِ مَيْمُونٍ
HR.Abu Daud
Berkata Abu Daud : Telah meriwayatkan al
Mustamir bin ar Royan dari Abi al Jauza’i
(Aus bin Abdillah) dari Abdillah bin Amr dengan mauquf.
Apabila digambarkan, maka posisi
rawi-rawinya sbb. :
Dalam skema rawi tersebut diatas dari
Riwayat Abu Daud terdapat Rouh bin Musayyab, (warna merah) adalah rawi dhaif,
dimana haditsnya tidak bisa diterima, adapun yg telah disifatkan oleh para
ulama ahli tahqiq kepadanya bisa dilihat di tabel dibawah nanti. Tetapi nampak
jelas diatas terdapat enam jalur periwayatan, satu dari enam jalur itu adalah
jalur dhaif, tersisa lima
jalur dimana rawi-rawinya tidak tercela.
Sehingga haditsnya bisa diamalkan.
Ilustrasi di atas menggambarkan kalau kita
mengambil dari jalur Rouh bin Musayyab, maka haditsnya dhaif.
Didalam HR.Tirmidzi , terdapat dua matan dan sanad sbb
:
بَاب
مَا جَاءَ فِي صَلَاةِ التَّسْبِيحِ
479حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ
الْعُكْلِيُّ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عُبَيْدَةَ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي
سَعِيدٍ مَوْلَى أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِي
رَافِعٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لِلْعَبَّاسِ يَا عَمِّ أَلَا أَصِلُكَ أَلَا أَحْبُوكَ أَلَا أَنْفَعُكَ قَالَ
بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ يَا عَمِّ صَلِّ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ تَقْرَأُ فِي
كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَةٍ فَإِذَا انْقَضَتْ الْقِرَاءَةُ
فَقُلْ اللَّهُ أَكْبَرُ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَلَا إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً قَبْلَ أَنْ تَرْكَعَ ثُمَّ ارْكَعْ
فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ اسْجُدْ
فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ اسْجُدْ
الثَّانِيَةَ فَقُلْهَا عَشْرًا ثُمَّ ارْفَعْ رَأْسَكَ فَقُلْهَا عَشْرًا قَبْلَ
أَنْ تَقُومَ فَتِلْكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ هِيَ ثَلَاثُ
مِائَةٍ فِي أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فَلَوْ كَانَتْ ذُنُوبُكَ مِثْلَ رَمْلِ عَالِجٍ
لَغَفَرَهَا اللَّهُ لَكَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَسْتَطِيعُ أَنْ
يَقُولَهَا فِي كُلِّ يَوْمٍ قَالَ فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ أَنْ تَقُولَهَا فِي
كُلِّ يَوْمٍ فَقُلْهَا فِي جُمْعَةٍ فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ أَنْ تَقُولَهَا فِي
جُمُعَةٍ فَقُلْهَا فِي شَهْرٍ فَلَمْ يَزَلْ يَقُولُ لَهُ حَتَّى قَالَ فَقُلْهَا
فِي سَنَةٍ
قَالَ
أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ أَبِي رَافِعٍ
Berkata
Tirmidzi : Ini hadits gharib dari haditsnya Abi Rofi’
480حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا عِكْرِمَةُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أُمَّ
سُلَيْمٍ غَدَتْ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ
عَلِّمْنِي كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي صَلَاتِي فَقَالَ كَبِّرِي اللَّهَ عَشْرًا
وَسَبِّحِي اللَّهَ عَشْرًا وَاحْمَدِيهِ عَشْرًا ثُمَّ سَلِي مَا شِئْتِ يَقُولُ
نَعَمْ نَعَمْ
قَالَ
وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَالْفَضْلِ
بْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي رَافِعٍ
قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَنَسٍ حَدِيثٌ
حَسَنٌ غَرِيبٌ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
غَيْرُ حَدِيثٍ فِي صَلَاةِ التَّسْبِيحِ وَلا يَصِحُّ مِنْهُ كَبِيرُ شَيْءٍ
Berkata
Tirmidzi : Haditsnya Anas adalah hasan ghorib, sungguh telah diriwayatkan dari
Nabi SAW selain hadits didalam sholat tasbih, dan tidak sah darinya sesuatu
yang besar.
وَقَدْ
رَأَى ابْنُ الْمُبَارَكِ وَغَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ صَلَاةَ
التَّسْبِيحِ وَذَكَرُوا الْفَضْلَ فِيهِ
Sungguh
telah berpendapat Ibnu Mubarok dan selain satu orang dari ahli ilmu pada sholat
tasbih dan mereka menyebutkan keutamaan dalam sholat tasbih.
481حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ حَدَّثَنَا أَبُو وَهْبٍ قَالَ سَأَلْتُ عَبْدَ اللَّهِ
بْنَ الْمُبَارَكِ عَنْ الصَّلَاةِ الَّتِي يُسَبَّحُ فِيهَا فَقَالَ يُكَبِّرُ
ثُمَّ يَقُولُ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ
وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ ثُمَّ يَقُولُ خَمْسَ عَشْرَةَ مَرَّةً
سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ
أَكْبَرُ ثُمَّ يَتَعَوَّذُ وَيَقْرَأُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
وَفَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَسُورَةً ثُمَّ يَقُولُ عَشْرَ مَرَّاتٍ سُبْحَانَ
اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ
ثُمَّ يَرْكَعُ فَيَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ
فَيَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ يَسْجُدُ فَيَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ يَرْفَعُ رَأْسَهُ
فَيَقُولُهَا عَشْرًا ثُمَّ يَسْجُدُ الثَّانِيَةَ فَيَقُولُهَا عَشْرًا يُصَلِّي
أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ عَلَى هَذَا فَذَلِكَ خَمْسٌ وَسَبْعُونَ تَسْبِيحَةً فِي
كُلِّ رَكْعَةٍ يَبْدَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِخَمْسَ عَشْرَةَ تَسْبِيحَةً ثُمَّ
يَقْرَأُ ثُمَّ يُسَبِّحُ عَشْرًا فَإِنْ صَلَّى لَيْلًا فَأَحَبُّ إِلَيَّ أَنْ
يُسَلِّمَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ وَإِنْ صَلَّى نَهَارًا فَإِنْ شَاءَ سَلَّمَ
وَإِنْ شَاءَ لَمْ يُسَلِّمْ قَالَ أَبُو وَهْبٍ وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ الْعَزِيزِ
بْنُ أَبِي رِزْمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ قَالَ يَبْدَأُ فِي الرُّكُوعِ
بِسُبْحَانَ رَبِيَ الْعَظِيمِ وَفِي السُّجُودِ بِسُبْحَانَ رَبِيَ الْأَعْلَى
ثَلَاثًا ثُمَّ يُسَبِّحُ التَّسْبِيحَاتِ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ
وَحَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ زَمْعَةَ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ الْعَزِيزِ وَهُوَ
ابْنُ أَبِي رِزْمَةَ قَالَ قُلْتُ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُبَارَكِ إِنْ سَهَا
فِيهَا يُسَبِّحُ فِي سَجْدَتَيْ السَّهْوِ عَشْرًا عَشْرًا قَالَ لَا إِنَّمَا
هِيَ ثَلَاثُ مِائَةِ تَسْبِيحَةٍ
Hadits 480, Tirmidzi berkata :
hasan ghorib, tetapi hadits ini meriwayatkan selain Sholat tasbih. Hadits 481
Tirmidzi tidak memberikan komentarnya, tetapi didalam sanadnya tidak terdapat
rawi yang dicela. Adapun hadits No.479 Tirmidzi berkata hadits ini hasan
ghorib. Tetapi hadits ini sebenarnya tidak bisa mencapai derajat hasan,
melainkan dhaif, karena didalam sanadnya terdapat dua rawi dhaif yaitu Musa bin
Ubaidah dan Said bin Abi Said, jadi haditsnya tidak bisa di amalkan bila hanya
mengambil dari jalur sanad ini.
Warna merah adalag rawi yang
dhaif.
Catatan : Al Albani dalam
mentahqiq Riyadhus shalihin mengatakan, apa-apa yang didiamkan oleh Abu Daud,
yaitu yang tidak dikomentari sebagai hadits dhaif olehnya, maka hadits itu
perlu teliti kemungkinannya itu adalah hadits dhaif. Dan Apa-apa yang di
katakana oleh Tirmidzi itu adalah hadits shohih atau hasan maka harus tetap
diteliti kemungkinannya itu adalah hadits dhaif. Inilah perbedaan dalam
menentukan hadits hadits dhaif dari dua muhtarij ini.
Komentar
dari para ulama ahli tahqiq hadits sbb :
NAMA RAWI
|
NAMA 'ALIM YG MENSIFATI
RAWI
|
MENSIFATI DENGAN JARH WA
ATTA'DIL :
|
RAWI DARI HADITS
|
NO HADITS
|
CONTOH MASALAH
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Muhammad
bin Said
|
Terpercaya
dan tidak ada hujah baginya
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Ahmad
bin Hanbal
|
Tidak
boleh dan tidak pantas sebuah riwayat darinya, dan Ia berkata lagi
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Yahya
bin Ma'in
|
Dia
tidak dusta, tetapi ia meriwayatkan dari Ibnu Dinar.
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Ali
bin Madiini
|
Dhaif,
menceritakan dengan beberapa hadits munkar.
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Abu
Zur'ah ar Razi
|
Tidak
ada dia dengan kuat haditsnya
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Ahmad
bin Ubaidah
|
Abu
Hatim ar Razi
|
Munkar
haditsnya
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Said
bin Abi Said
|
Ibnu
Hibban
|
Tsiqot
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Said
bin Abi Said
|
Adzahabi
|
Majhul
|
Tirmidzi
|
444
|
Sholat
Tasbih
|
Rauh
bin Musayyab
|
Yahya
bin Ma'in
|
Sholih
sedikit
|
Abu
Daud
|
1105
|
Sholat
Tasbih
|
Rauh
bin Musayyab
|
Al
Bazar
|
Terpercaya
|
Abu
Daud
|
1105
|
Sholat
Tasbih
|
Rauh
bin Musayyab
|
Abu
Hatim ar Razi
|
Sholih
tapi tidak kuat
|
Abu
Daud
|
1105
|
Sholat
Tasbih
|
Rauh
bin Musayyab
|
Ibnu
Adi
|
Beberapa
haditsnya tidak terjaga
|
Abu
Daud
|
1105
|
Sholat
Tasbih
|
Rauh
bin Musayyab
|
Ibnu
Hibban
|
Meriwayatkan
dari orang terpercaya lagi dhaif-dhaif.
|
Abu
Daud
|
1105
|
Sholat
Tasbih
|
Dari dua Kitab hadits ini , Yaitu
Abu Daud dan Tirmidzi, kita dapatkan 8 jalur periwayatan, dua diantaranya
dhaif, enam sisanya shohih dan hasan. Maka sholat tasbih adalah dalilnya shohih
dan hasan maka bisa diamalkan, karena jalur yang shohih masih ada sebagai
gantinya jalur sanad yang dhaif,
Bila jalur shohihnya hanya satu
jalur sanad maka disebut “Shohih ghorib”.
Bila jalur shohihnya hanya dua
jalur sanad maka disebut “Shohih ‘aziz”.
Bila jalur shohihnya tiga sampai sembilan jalur sanad maka disebut
"mashur".
Bila jalur shohihnya lebih dari sembilan jalur sanad maka disebut
“Mutawatir”.
Untuk sholat tasbih ini adalah kedudukannya
setidaknya haditsnya “Mashur”tetapi bisa sampai “Mutawatir” . Didalam Hadits Ibnu
Majah terdapat dua hadits tentang Sholat tasbih ini yg pertama adalah dhaif
karena ada Said bin Abi Said dan Musa bin bin Ubaid bin Nasith (dari Tobaqot
orang-2 yg tidak pernah ketemu sahabat, nasabnya adalah ar- Rabidi, julukannya adalah Abu Abdil Aziz,
tempat tinggal dan wafatnya di Madinah pada 153 H). dan yang kedua sama dengan
didalam Abu Daud yang terdapat Musa bin Abdul Aziz dalam sanadnya.
Dalam sarah Aunul Ma’bud dan Tuhfatul
Ahwazi di uraikan komentar-komentar para ulama tentang kedudukan sanad
hadits-hadits ini, kedudukan rojul tertentu seperti Musa bin Abdul Aziz yang di
dhaifkan oleh Ali bin al Madiini, dan di “munkaarul-hadits” kan oleh
Sulaimaniy.As-Suyuthi berkata “Ibni Jauzi mengatakan ia rojul majhul”.Al hafidz
Ibnu Hajar mengatakan “Ibnu Jauzi meletakkan hadits ini didalam bab
hadits-hadits dhaif, karena ia melihat Musa bin Abdul Aziz adalah majhul”, Berkata
Az-Zarkasi “Telah salah Ibnu Jauzi, sebab ia telah meletakkan hadits ini
termasuk hadits-hadits dhaif, ia mengatakan Musa bin Abdul Aziz adalah majhul ,
padahal tidak, Sebab telah mengambil riwayat darinya juga Bisr bin Hakam, dan
anaknya yaitu Abdurrahman , dan Ishaq bin Abi Israil, dan Zaid bin Mubarok
as-Shon’ani dan selain mereka. Berkata Ibni Sahin didalam At-Targhib “Aku mendengar
dari Abu Bakr bin Abi Daud, berkata Abu Daud “Hadits paling shohih tentang
sholat tasbih adalah ini”” . Yahya bin
Ma’in dan Nasa’i men”tsiqotkan” Musa bin Abdul Aziz, Yahya bin Main mengatakan
“Saya tidak lihat dia membahayakan”, An Nasa’i berkata “Dia tidak bahaya”, Ibnu
Hibban berkata “tsiqot, hanya kadang-kadang saja ia salah”. Bukhory dan Muslim
juga memasukkan Musa bin Abdul Aziz sebagai orang yg bisa diambil
riwayatnya. Muslim mengatakan
sebaik-baiknya sanad hadits sholat tasbih adalah ini. Berkata ad-Dailami
“Sholat tasbih sanadnya shohih”.
Dalam sarah dijelaskan tata cara sholatnya,
antara lain yang dijelaskan oleh Ibnu Mubarok, kapan dibacanya dan berapa
jumlahnya. Mengapa Ibnu Mubarok harus bersusah payah menjelaskan keutamaan
sholat tasbih, cara menegerjakannya dan hitungan doanya, bila hadits ini tidak
bisa diamalkan ?. Mari kita lihat Ucapan Al Baihaqi dalam Aunul Ma’bud
وقال
البيهقي : كان عبد الله بن المبارك يصليها وتداولها الصالحون بعضهم عن بعض , وفيه
تقوية للحديث المرفوع
Abdullah
bin Mubarok mengerjakan sholat tasbih, dan saling bergiliran orang-orang yang
sholih sebagian mereka dari sebagiannya, ini adalah bukti penguat terhadap hadits marfu’.
Abu
Daud mengatakan haditsnya mauquf, tetapi Baihaqi mengatakan marfu’ dengan
penguat. Yaitu contoh amalan dari Ibnul Mubarok dan orang-orang sholih yang
mengerjakannya.
Kalau
Ibnu mubarok dan juga orang-orang sholih melakukannya….kenapa kita tidak ?
Semoga
bermanfaat.
Wallahu a’lam.
Wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar