Layanan ini biasanya diselenggarakan oleh
perpustakaan khusus (lembaga penelitian) dan perpustakaan perguruan tinggi.
Pada kedua perpustakaan ini seringkali pemakainya, karena kesibukannya yang
luar biasa, tidak sempat mencari sendiri informasi atau literatur yang
dibutuhkannya. Pada kasus
yang demikian ini maka pustakawan harus dapat membantu mereka mencarikan
informasi dan literatur yang dibutuhkan dan diminta oleh pengguna.
Dalam
menyelenggarakan layanan seperti ini beberapa perpustakaan, khususnya di
perguruan tinggi, menempatkan satu meja/ konter untuk konsultasi bagi pemakai
yang membutuhkan pertolongan. Nama konter tersebut bermacam-macam. Ada yang
menamakan meja informasi, meja konsultasi pemakai (reader adviser), meja
kesiagaan informasi dan lain-lain. Dalam hal ini pustakawan bersiaga menerima
permintaan untuk menelusur informasi yang dibutuhkan pemakai.
Persiapan yang
harus dilakukan dalam menyelenggarakan layanan ini ialah perpustakaan harus
mempunyai katalog yang lengkap dan handal sehingga pustakawan yang membantu
mencarikan literatur tidak menemui kesulitan dalam mencari kebutuhan pemakai.
Perpustakaan juga harus memiliki terbitan seperti bibliografi, indeks dan
majalah abstrak sebagai alat penelusuran informasi/ literatur. Perpustakaan
juga harus menyediakan formulir untuk mencatat pertanyaan pemakai, mesin ketik
atau lebih baik komputer untuk mengetikkan jawaban hasil penelusuran, mesin
fotokopi untuk menggandakan literatur yang dibutuhkan oleh pemakai dan
lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar